Menentukan Karakteristik Produk Pemutih Halal

BlogComments Off on Menentukan Karakteristik Produk Pemutih Halal

kosmetik-halalBelakangan ini halal menjadi gaya hidup yang digemari masyarakat di Indonesia. Halal artinya berasal dari sumber yang baik dan memberi manfaat. Semua aspek kehidupan haruslah berkiblat pada konsep halal ini, karena dengan menggunakan atau mengkonsumsi barang yang halal, anda akan mendapatkan banyak manfaat dan kesehatan anda terjaga.

Begitu pun adanya dengan kosmetik yang beredar di pasaran. Berasal dari bahan yang halal menjadi salah satu kriteria utama yang banyak diperhatikan oleh wanita modern masa kini. Karena, produk pemutih wajah yang benar-benar halal pastilah tidak menggunakan bahan yang berbahaya dan merusak, serta juga pasti berasal dari sumber yang terjamin juga. Bagaimanakah ciri-cirinya?

Bahan

Cara paling sederhana adalah mengetahui bahannya. Kita semua paham, tumbuhan yang biasanya digunakan dalam produk pemutih halal merupakan tumbuhan kaya khasiat yang tidak haram. Tetapi jika ada bahan-bahan yang diambil dari hewan, anda perlu curigai. Meski hewan sumber bahan tersebut diekstrak tidak melulu babi, tetapi paling baik anda menghindari perkara yang meragukan. Hewan yang halal dalam kondisi apa pun adalah ikan dan lebah. Sementara kolagen, asam amino, kolesterol, sistin, gelatin, asam stearat, vitamin A, gliserin, asam hyaluronat, keratin, lipid, asam oleat, alantoin, tallow, dan elastine adalah bahan yang diambil dari hewan yang tidak anda ketahui apa. Yang pasti anda perlu menghindari sodium/natrium heparin karena berasal dari hati babi dan plasenta yang kadang diambil dari manusia.

Sertifikasi Halal

Cara lain yang bahkan lebih sederhana adalah melihat apakah ada emblem logo halal yang mengindikasikan produk tersebut sudah diteliti dan bebas dari bahan-bahan yang haram. Percaya atau tidak, LPOM MUI cukup ketat dalam memeriksa makanan, obat, dan kosmetika yang beredar di Indonesia. Jika anda mendapati produk pemutih dengan emblem halal tersebut, anda boleh menggunakannya sesuka hati. Tetapi jika tidak, anda bisa kembali menelusuri komposisi kosmetik tersebut untuk menemukan zat yang meragukan. Sayang sekali beberapa perusahaan seringkali dengan sengaja tidak mencantumkan zat tertentu dalam daftar komposisinya. Lagi-lagi anda perlu melihat reputasi dari produk jika sudah dalam kondisi seperti itu.

Kosmetik Impor

Jika menurut anda semua produk pemutih impor mungkin mengandung bahan yang haram, anda salah. Lembaga standardisasi kehalalan milik Malaysia menjadi acuan lembaga halal internasional dalam berusaha menentukan produk mana yang merupakan produk yang halal. Muslim Consumer Group di Amerika Serikat pun adalah lembaga yang reputasinya bagus dalam meneliti produk halal. Intinya anda perlu mengetahui siapa yang mengeluarkan sertifikasi halal kosmetika tersebut, dan menelitinya apakah lembaga tersebut memiliki rekam jejak yang bagus dalam sertifikasi halal ini.

Anda sepatutnya menjaga diri anda dari hal yang buruk. Salah satunya adalah menerapkan gaya hidup halal dalam segala aspek kehidupan. Sekarang sudah banyak produk pemutih wajah terbaik yang beredar kok, jadi anda tidak perlu lagi susah-susah menentukan mana yang halal dan tidak.

About author:

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome